FAKTA DIBALIK KISAH THE BEATLES

 

1. Paul mccartney pertama membeli bas gitar seharga 30 mark hamburg.

 

2. Tak ada seorangpun dari anggota the beatles yang percaya bahwa mereka berempat bakal terkenal sebagai pemusik. Ringo sebenarnya malah berambisi menjadi pemilik salon potong rambut.

 

 

3. Ketika the beatles tampil di adelaide, 1964, sekitar 300.000 penggemarnya bergerombol di luar hotel tempat menginap. Mereka menunggu dengan penuh harap bahwa george, paul, ringo, dan john bakal muncul.

 

4. Ketika the beatles merilis hey jude (1968), para eksekutif di perusahaan rekamannya mengaku cemas. Singel berdurasi 7 menit itu dianggap kepanjangan untuk diputar di radio. Artinya, susah jadi hit. The beatles kemudian memotongnya sebagian.

 

5. Lirik ‘mother mary’ yang ada dalam lagu ‘let it be’, bukanlah terilhami dari sosok bunda Maria. Melainkan nama ibu paul sendiri, mary, yang suatu ketika pernah datang dalam mimpinya.

 

6. Ketika naskah film ‘help!’ ditulis, the beatles meminta agar beberapa syutingnya dilakukan di kepulauan bahama dan austria. Jadi, itung-itung liburan!

 

7. Pada 1967, promotor sid berstein dari new york membayar the beatles 1 juta dolar untuk sekali konser. Pada 1976, sid memperkirakan bakal meraup keuntungan 230 juta dolar, kalau saja the beatles mau konser. Tapi, tentu saja mereka keburu bubar.

 

 

8. Pada 1985, kaset dan cd the beatles terjual sampai di atas 1 milyar keping, seperti yang tercatat pada the guinness book of records.

 

9. Tak sampai dua minggu setelah dirilis di amerika, ‘i want to hold your hand’ menjadi lagu the beatles pertama yang menduduki peringkat atas. Di new york, hanya dalam tempo satu jam, terjual 10.000 kopi.

 

10. Ketika the beatles untuk pertama kalinya tampil di televisi amerika, dalam acara ‘the ed sullivan show’ yang disaksikan oleh sekitar 73 juta pemirsa, mereka mengaku sangat gelisah. Ketika produsernya bermaksud menginformasikan jumlah tersebut, personel the beatles menutup kuping. “nanti aja bilangnya”, kata mereka.

 

11. Instrumen pertama paul mccartney adalah terompet, sebelum kemudian pindah ke gitar. “saya kan nggak mau menyanyikan rock and roll dengan benda itu tersumpal di mulut”, alasannya.

 

12. Sesudah konser di kansas, 1964, manajer mereka menjual tempat tidur berikut bantal bekas the beatles seharga 750 dolar.

 

13. Pada tanggal 14 juni 1965, paul mccartney merekam ‘yesterday’. Sementara the beatles, pada saat bersamaan, merekam ‘i’m down’ dan ‘i’ve just seen a face’. Semuanya hanya memakan waktu 8 jam!

 

14. Masih ingat lagu ‘a day in the life’ yang ada suara peluitnya itu? John memang menyusupkan suara peluit yang nyaring itu (15 kilosaikel). Suara itu sengaja diperuntukkan para anjing, yang konon bakal blingsatan kalo mendengarnya.

 

15. Judul album ‘abbey road’ semula adalah ‘mount everest’. Gara-gara geoff emerick, seorang engineer, hobi berat merokok sigaret merek everest.

 

16. Para kritisi musik kondang abad ke-20 berkomentar tentang karya the beatles. Majalah melody maker menulis tentang ‘she loves you’. Lalu the new york times menulis tentang ‘sgt pepper’s lonely hearts club band’. Sementara paul johnson, kritisi new statesman mengkritik, “mereka yang ngefans berat saat the beatles sedang jaya-jayanya, adalah orang-orang yang paling beruntung. Tapi mereka (penggemar the beatles) itu sebenarnya bodoh,

pemalas, dan orang-orang yang gagal”.

 

17. Lagu ‘lucy in the sky with diamonds’ bukanlah diilhami oleh lsd, seperti yang pernah diributkan. John lennon menulis lagu tersebut setelah anaknya, julian, pulang dari sekolah (playgroup) dengan membawa lukisan buatannya sendiri. Obyek lukisannya adalah seorang teman ceweknya, bernama lucy o’donnel. John lalu bertanya pada julian “apa maksud gambar itu?” julian lantas menjawab “it’s lucy, in the sky. With diamonds.”

 

18. Harga tiket masuk pertunjukan the beatles di shea stadium, 1965, adalah 5 dolar, plus 4� sen pajak federal dan 25 sen pajak pemerintah daerah. Pada konser pertama, yang ditonton oleh 56.000 orang, the beatles menyanyikan 12 lagu dalam tempo 30 menit. Setelah itu mereka kabur.

19. Pada tanggal 6 juli 1957, diadakan pesta dansa di gereja st. Peter di woolton, liverpool, inggris. Untuk masuk ke sana, harus membeli tiket seharga dua shilling (=10 penny). Di situlah untuk pertama kalinya john lennon bertemu dengan paul mccartney. Dan legenda the beatles pun lahir.

 

20. Tahun 1995 lalu, para pengusaha amerika sempat menawari paul, george, dan ringo, sebuah proyek besar dengan bayaran 33.330.000 dolar per orang. Ini jika ketiganya bersedia tampil dalam 10 konser seputar amerika. Tentunya dengan bendera the beatles.namun mereka menolaknya dengan alasan, the beatles nggak bisa manggung tanpa kehadiran john lennon. Sayang, padahal kalo diitung-itung, setiap menit dari konser yang rencananya berdurasi 90 menit itu, mereka bisa menghasilkan uang 37.036 dolar per orang. Dahsyat!

 

21. Konon, di era 1960-an The Beatles diwajibkan membayar pajak yang nilainya lebih dari 100%. Artinya, mereka membayar pajak untuk bisa bekerja.

 

22. Untuk mencapai efek berada di dalam air untuk lagu, John Lennon bernyanyi dengan cara menempelkan mulutnya pada microfon. Agar tak terkena aliran listrik, microfon tersebut dibungkus kondom. Sayangnya, hasil rekaman unik ini kemudian dibuang.

 

23. Sepanjang kariernya, satu-satunya personil The Beatles yang paling banyak menerima surat dari penggemarnya adalah Ringo Starr.

 

24. Di bagian akhir lagu A Day in the Life ada suara peluit yang tak terdengar oleh telinga manusia. Suara peluit ultrasonik ini adalah ide Paul McCartney karena ia ingin mempersembahkan lagu ini untuk Martha, anjing kesayangannya.

 

25. Lagu berjudul Yesterday milik The Beatles tercatat sebagai lagu yang paling banyak direkam ulang. Sampai saat ini ada sekitar 2.500 versi dari lagu ini.

 

26. Selama berkarier di dunia musik Paul McCartney sempat menggunakan banyak nama samaran termasuk Paul Ramone, Bernard Webb, A. Smith, Apollo, Vermouth, Country Hams, Percy ‘Thrills’ Thrillington“, dan The Fireman.

 

27. Pada bulan Januari 2002, lagu milik George Harrison yang berjudul My Sweet Lord berhasil menggeser lagu milik Aaliyah yang berjudul More Than A Woman di posisi pertama tangga lagu. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, lagu milik orang yang sudah meninggal menggeser lagu milik orang yang juga sudah meninggal.

 

28. Tahun 1996, Ringo Starr muncul sebagai bintang iklan untuk saus apel di Jepang. Uniknya, dalam bahasa Jepang, Ringo memang berarti saus apel.

 

29. Paul McCartney menciptakan lagu Hey Jude untuk menghibur Julian Lennon karena pada saat itu John Lennon memutuskan untuk menceraikan Cynthia, ibu Julian.

 

30. Meski memang ada seorang perempuan bernama Eleanor Rigby di Liverpool, namun bukan dia yang menjadi inspirasi terciptanya lagu Eleanor Rigby. Judul lagu tersebut betul-betul hanya imajinasi Paul belaka.

 

31. Nama The Beatles konon diilhami oleh banyak hal. Stuart Sutcliffe (salah seorang anggota The Beatles di masa-masa awal) mencatat bahwa nama The Beatles diambil dari nama sebuah gang motor dalam film The Wild One, The Beatles. Sementara John Lennon dikabarkan pernah bermimpi tentang seorang pria “dalam kue yang masih panas” yang berkata: “Kalian akan menjadi Beetles dengan satu huruf A”.

 

32. Hingga saat ini masih banyak orang yang percaya bahwa lagu dengan judul Lucy In The Sky With Diamonds melambangkan nama jenis drugs yang sering dikonsumsi oleh para personil The Beatles.

 

33. Meski The Beatles belum dikenal di Amerika hingga bulan Oktober 1963, namun Med Sullivan sudah melihat gejala Beatlemania secara sepintas pada perayaan Halloween tahun tersebut. Pesawat yang ditumpangi oleh The Beatles, Heathrow Airport London, harus menunda penerbangannya gara-gara kerumunan penggemar The Beatles yang berteriak-teriak menyambut kedatangan mereka.

 

34. Tanggal 17 Desember 1963, seorang disk jockey radio WWDC di Washington DC menjadi orang pertama yang memutar lagu The Beatles di Amerika. James Carol, demikian nama DJ tersebut.

 

35. Meski Aunt Mimi (Bibi John lennon) adalah orang yang pertama membelikan gitar sebagai hadiah ultah John, namun bibinya itu sama sekali tidak mendukung niat John untuk berkarier di dunia musik, bahkan mengatakan, “Main gitar itu bagus, kalau untuk sekedar hobi, tapi jangan harap kau bisa dapat uang dari bermain gitar.” Beberapa tahun kemudian setelah The Beatles sukses, John memberikan hadiah berupa plakat perak dengan tulisan yang mengutip ucapan tadi, kepada Aunt Mimi.

 

36. Martha pada lagu Martha My Dear adalah nama anjing kesayangan milik Paul McCartney.

 

37. Solo gitar pada lagu While My Guitar Gently Weeps adalah Eric Clapton.

 

38. Yang menirukan suara babi pada lagu Piggies adalah John Lennon.

 

39. John Lennon pernah mengembalikan gelar Sir yang sempat disandangkan olehnya dari Ratu Inggris, karena kala itu Inggris membantu dalam hal peperangan.

 

40. Empat judul lagu The Beatles yang ada pada lirik lagu Glass Onion:

• Laddy Madonna

• The Fool On The Hill

• Fixing A Hole

• Glass Onion

 

41. Masih ada lagu-lagu Beatles yang belum pernah dirilis – misalnya Carnival of Light (yang tercatat pada 5 Januari 1967 untuk The Million Volt Light and Sound Rave) dan jam 27-menit dari Helter Skelter. Sebuah komposisi John Lennon Grow Old With Me juga masih belum dirilis. 

 

42. Lennon dan Paul McCartney pernah menjadi vokal latar Rolling Stones tahun 1967 untuk single We Love You. 

 

43. Selain menulis ratusan lagu untuk The Beatles, Lennon dan McCartney juga menulis puluhan lagu untuk artis lain seperti From A Window (Billy J. Kramer dengan The Dakota), One and One is Two(The Strangers dengan Mike Shannon), Step Inside Cinta dan It’s For You (Cilla Black), Come dan Get It (Badfinger) dan Woman (Petrus dan Gordon). 

 

44. Album ketiga A Hard Day’s Night adalah satu-satunya yang hanya berisi komposisi Lennon-McCartney. 

 

45. Nama depan McCartney bukan Paul, tapi James. Lennon mengganti nama tengah dari Winston menjadi Ono setelah menikah dengan Yoko Ono pada tahun 1969. 

 

46. Pada akhir lagu Strawberry Fields Forever, Lennon seperti bergumam “Aku mengubur Paul”, yang memperparah rumor “Paul is Dead’. sebenarnya dia mengatakan “saus cranberry/cranberry sauce”. 

 

47. Satu-satunya lagu Beatles yang featuring musisi lain adalah Get Back / Don ‘t Let Me Down (The Beatles dengan Billy Preston). Preston, direkrut oleh George Harrison untuk memainkan Hammond organ di kedua lagu tersebut. 

 

48. Dua hari setelah Sgt Pepper’s Lonely Hearts Club Band dirilis, Jimi Hendrix membuka konsernya di London’s Saville Teater dengan judul lagu tersebut, McCartney menganggap nya sebagai “Biggest Single Tribute”. 

 

49. Versi terakhir Strawberry Fields Forever diciptakan menggabungkan dua kunci yang berbeda dan kecepatan – prestasi yang luar biasa mengingat peralatan dan teknologi dari waktu – tapi masih gagal untuk memenuhi keinginan Lennon. 

 

50. Satu-satunya lagu Beatles untuk dikreditkan ke Lennon dan Harrison adalah instrumental awal disebut Cry for Shadow tercatat pada tahun 1961 ketika band ini mendukung Tony Sheridan. Fly dan Dig It adalah satu-satunya dua lagu untuk dikreditkan ke empat Beatles. 

 

51. BBC mearang beberapa lagu Beatles – I Am the Walrus (untuk penggunaan kata ‘Knickers’) dan Fixing a Hole, Lucy in the Sky with Diamonds dan A Day in the Life(semua atas tuduhan referensi obat). 

 

52. Working title untuk film Help! adalah Eight Arms to Hold You. 

 

53. Untuk sampul album Sgt Pepper, gambar dari Adolf Hitler, Mahatma Gandhi, dan Yesus Kristus adalah permintaan Lennon, namun pada akhirnya tidak digunakan, walaupun guntingan Hitler tetap digunakan. 

 

54. Ringo Starr adalah orang pertama yang benar-benar meninggalkan kelompok, keluar pada tahun 1968 selama sesi sengit White Album. Akibatnya, sisa Beatles semua bergantian pada drum untuk beberapa track. Ketika Starr akhirnya kembali dia menemukan drum bertabur bunga. 

 

55. reuni The Beatles yang paling dekat adalah pada pernikahan Eric Clapton dengan Patti Boyd pada tahun 1979, di mana McCartney, Harrison dan Starr bermain. sedangkan Lennon tidak hadir. 

 

56. Kali terakhir Lennon dan McCartney bermain bersama-sama adalah di Los Angeles Hit Factody Studio di tahun 1974. 

 

57. Lennon dan McCartney masing-masing pernah mengeluarkan demo dengan judul India yang tetap yang belum pernah dirilis. 

 

58. Lagu pertama yang pernah ditulis oleh Lennon bernama Hello Little Girl. sedangkan McCartney pertama adalah I Lost My Little Girl. 

 

59. Lennon dituduh plagiarisme oleh Chuck Berry’s atas lagu Come Together yang menyerupai lagu tahun 1956 milik Berry dengan judul You Can’t Catch Me. Kasus itu diselesaikan di luar pengadilan. 

 

60. Lennon nomor 9 koneksi: Lennon lahir pada tanggal 9 Oktober 1940, putranya Sean juga lahir 9 Oktober, 1975. Dia menulis lagu # 9 Dream (bagian dari album kesembilan Lennon, Wall and Bridges yang telah dirilis pada bulan kesembilan tahun 1974 dan mencapai puncaknya di nomor 9 di chart AS) dan dengan The Beatles – One After 909 dan Revolution 9. Dia tinggal di apartemen nomor 72 di 72 Street di New York dan terbunuh di malam hari tanggal 8 Desember yang berarti sama dengan tanggal 9 Desember di tempat kelahirannya di Liverpool

 

The Beatles pernah ke Jayapura

 

Itu dia. banyak kan? hehe. Source nya banyak soalnya,… hehe!

Semoga bermanfaat!

 

Source : http://riskyrock666.blogspot.com/2011/06/40-fakta-beatles.html

http://gabohong.blogspot.com/2011/09/20-fakta-beatles-yang-jarang-diketahui.html

http://anggaadi06.wordpress.com/2012/02/27/fakta-fakta-unik-tentang-the-beatles/Image

2 thoughts on “FAKTA DIBALIK KISAH THE BEATLES

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s